Ad Code

Responsive Advertisement

8 Tempat Wisata Religi Bernuansa Mistis di Asia

Pergi liburan atau bertamasya bersama keluarga adalah hal yang sangat dinantikan. Setelah berkutat dengan kesibukan sehari-hari, melewati akhir pekan rasanya kurang lengkap jika belum mengunjungi tempat-tempat wisata. Selain bisa menyegarkan pikiran, berkunjung ke tempat wisata bersama keluarga juga bisa menambah keakraban dan momen kebersamaan.

Tempat wisata yang paling sering dikunjungi biasanya adalah pantai atau pegunungan. Banyak pula keluarga yang memilih taman bermain sebagai tujuan mereka. Jika Anda mulai bosan dengan tempat-tempat wisata mainstream tersebut, Anda bisa mengunjungi 8 alternatif destinasi wisata berikut.

Tempat-tempat wisata ini terkenal unik dan memiliki cerita di masa lalu. Selain itu, tempat-tempat ini juga dikenal menyimpan unsur mistis. Walau terkesan horror, namun 8 tempat ini sangat menarik bagi merreka yang menyukai hal-hal unik dan menantang.

Awashima Jinja, Jepang


Boneka memiliki arti penting bagi kebudayaan Jepang. Di Jepang, beberapa boneka tidak berfungsi sebagai mainan melainkan berperan penting dalam ritual upacara dan doa. Awashima Jinja menjadi kuil dengan koleksi boneka terbanyak di dunia. Boneka di kuil ini dianggap suci dan membawa keberkahan. Masyarakat menyakini bahwa Awashima Jinja adalah tempat terbaik untuk kaum wanita meminta kesehatan dan kesuburan.

Kuil ini memperlakukan boneka secara khusus dan setiap tahunnya dilaksanakan ritual membersihkan boneka sebagai simbol menolak hal jahat dan membersihkan boneka dari roh jahat yang bersemayam di boneka. Banyak orang yang menilai boneka-boneka tersebut memiliki wajah yang lucu namun terkadang terlihat menyeramkan.

Kuil Dongyue, China


Kuil Dongyue sempat hilang dan kembali ditemukan pada tahun 1319. Kuil ini merupakan salah satu kuil terbesar di Beijing, China. Kuil Dongyue resmi dibuka untuk umum pada tahun 1999 dan mulai ramai dikunjungi tak hanya oleh mereka yang ingin beribadah, namun juga oleh para turis. Kuil Dongyue menyimpan berbagai tradisi kuno khas Cina. Berbagai upacara keagamaan rutin dilakukan di tempat ini sepanjang tahunnya.

Kuil Dongyue memiliki halaman utama yang dapat diakses melalui Happiness Road dengan dua buah paviliun megah di kedua sisinya yang sudah ada sejak Dinasti Qing. Di dalam kuil pengunjung dapat menemukan patung-patung tua dan langka. Kesan mistis dapat dirasakan saat turis menengok koleksi patung-patung yang usianya sudah ribuan tahun.

Wat Phumin, Thailand


Wat Phumin adalah sebuah kuil Buddha di Provinsi Nan, Thailand. Kuil ini pernah muncul dalam film fenomenal Thailand yang menceritakan pasangan lesbian berjudul Yes or No. Kuil ini menampilkan panorama yang sangat indah dan artistik. Dindingnya dipenuhi dengan berbagai mural yang menampilkan kearifan lokal masyarakat di kehidupan sehari-hari. Selain itu juga terdapat perpustakaan dua lantai yang berisi berbagai teks-teks agama serta diorama-diorama yang memperlihatkan ajaran Buddha. Ada juga lukisan yang menggambarkan tentang sepasang kekasih yang menjadi ikon di Wat Phumin.

Candi Zenkoji, Jepang


Candi Zenkoji adalah warisan budaya Jepang yang telah ada sejak abad keenam. Saat itu ajaran Buddhisme adalah sesuatu yang kurang dapat diterima di Jepang. Secara diam-diam para pengikut Buddhisme membangun 654 patung yang telah diukir di India dan kemudian dibawa ke Jepang. Entah kebetulan atau tidak, banyak pengunjung yang mengaku melihat patung-patung itu bergerak. Beberapa juga mengakui  pernah melihat susunan patung tersebut bisa berpindah sendiri.

The Snake Pagoda, Myanmar


The Snake Pagoda yang memiliki nama resmi Labamuni Hsu-taungpye Paya ini telah ada sejak abad ke-15. Menurut legenda, pagoda ini terbentuk dari 3 ekor ular yang membelah hutan Myanmar yang tersesat di dekat patung Budha di dalam hutan. Salah satu ular yang berada di Pagoda tersebut adalah jenis python yang berukuran sangat besar dengan ukuran mencapai 5 meter. Phyton ini bahkan dianggap sebagai reinkarnasi dari salah satu abbots. Walaupun memiliki cerita legenda yang terkesan mistis, Pagoda yang dilengkapi dengan 325 stupa ini selalu ramai pengunjung setiap harinya.

Mount Osore, Jepang


Mount Osore menjadi salah satu tempat suci yang dihormati di Jepang. Berada di dataran vulkanik, Mount Osore dikaruniai danau yang indah dan dapat berubah warna. Selain itu, Mount Osore juga dikelilingi oleh 8 gunung dan dipenuhi dengan patung Jizo yang dianggap sebagai pelindung anak-anak dari makhluk jahat. Bahkan menurut tradisi setempat, Jizo sering digunakan oleh masyarakat untuk berkomunikasi dengan makhluk gaib.

Tanah Lot, Indonesia


Wisata kebanggaan Indonesoa ini menjadi salah satu kuil Hindu paling indah di dunia. Menurut legenda, Tanah Lot dibangun oleh seorang pengembara Hindu bernama Danghyang Nirartha. Kemampuan Nirartha membangun kuil tersebut mengundang kecemburuan raja yang saat itu berkuasa. Sang raja kemudian mengusir Nirartha dari daerah kekuasaannya. Ketika tidak bisa bertahan melawan kekuatan raja, Nirartha membentangkan selendangnya di laut untuk melindungi Tanah Lot dan ia pun tak pernah terlihat lagi.

Preah Vihear, Kamboja


Candi ini terletak di dataran Kamboja dekat dengan perbatasan Thailand. Berdiri sejak abad ke-11, Preah Vihear memiliki arsitektur yang sangat indah dan unik. Tempat yang kini menjadi situs warisan budaya UNESCO ini didedikasikan untuk Dewa Siwa.


Nah, itulah 8 alternatif destinasi wisata di Asia yang memiliki nilai sejarah sekaligus bernuansa mistis. Mana yang menjadi tujuan Anda selanjutnya?

Post a Comment

0 Comments

Close Menu