Ad Code

Responsive Advertisement

Empat Hewan Ternak Asli Indonesia yang Harga Jualnya Selangit

Menjadi peternak adalah salah satu peluang bisnis yang menggiurkan. Memang, banyak sekali tantanan yang harus dihadapi sebelum hewan ternak kita layak jual, seperti harus berrurusan dengan kotoran hewan dan repotnya menurus makanan ternak. Namun semuanya akan terbayar saat hewan ternak terjual dengan harga yang pantas.

Di antara sekian banyak hewan ternak, ada beberapa yang memiliki harga jual fantastis yang tentu saja sangat menguntungkan. Empat hewan ternak di bawah ini adalah hewan asli Indonesia yang memiliki harga jual selangit. Tetarik untuk mencoba bisnis beternak? Simak informasinya di bawah ini.

Kambing Gembrong


 Seekor kambing umumnya dibanderol dengan harga menengah antara Rp 2 juta sampai Rp 5 juta tergantung ukuran dan jenisnya. Namun kisaran harga ini sepertinya tidak berlaku untuk kambing jenis Gembrong. Pernah mendengar nama kambing Gembrong? Kambing ini bisa dihargai lebih mahal dari kambing-kambing kebanyakan.

Dilihat dari tampilannya sendiri kambing Gembrong cukup unik. Tubuhnya memang seperti kambing pada umumnya, namun bulunya benar-benar lebat. Bukan keriting seperti domba, melainkan lurus seperti kuda poni. Mungkin kamu berpikir jika kambing ini bukan dari Indonesia, namun ternyata Gembrong asli lahir di sini. Bali Timur disinyalir sebagai tempat habitat asli hewan unik ini.

Dengan ciri fisik unik, kambing Gembrong juga jadi satu-satunya di dunia dengan karakteristik tersebut.Sayangnya, jumlahnya tak banyak untuk saat ini dan termasuk hewan langka. Mungkin selain ciri fisiknya, kelangkaan membuat kambing ini jadi lebih mahal dibandingkan yang lain
. Tertarik untuk beternak kambing langka super mahal ini?

Sapi Limosin 


Sesuai namanya, sapi limosin memiliki harga jual yang fantastis, bahkan bisa menyamai harga sebuah mobil. sapi satu ini memang sudah terkenal seantero nusantara dengan harganya yang bikin melongo. Harga minimal untuk satu sapi Limosin bisa berkisar Rp 50 jutaan.

Alasan kenapa sapi ini dihargai sangat mahal adalah karena bentuk fisiknya yang sangat aduhai. Selain itu dari sisi berat tubuhnya, sapi Limosin adalah yang paling berbobot dari semua jenis yang ada di Indonesia. Bahkan berat sapi yang populasinya sudah mulai menyebar ini bisa mencapai 1,3 ton. Alasan lain kenapa harganya mahal ketika makin tua, adalah kualitas dagingnya yang lebih baik dari sapi kebanyakan. Rekor paling mahal sapi Limosin pernah dibanderol dengan harga Rp 130 juta! Punya 10 sapi Limosin sudah pasti jadi kaya raya.

Babi Papua


Apa yang istimewa dari babi Papua? Babi Papua pada dasarnya tidak ada bedanya dari jenis yang lain. Hanya saja ukurannya memang agak sedikit lebih besar. Postur tubuhnya juga gempal dengan kulitnya yang agak kecoklatan. Berbekal semua kelebihan ini tak heran harga babi ini lumayan mahal.

Babi Papua paling murah dijual dengan harga Rp 13 jutaan. Sedangkan untuk yang paling mahal bisa mencapai Rp 30 juta. Nah, selain alasan fisik dari babi tersebut, yang membuat hewan ini mahal adalah pandangan masyarakat sekitar. Ya, di beberapa daerah pedalaman Papua, babi adalah representasi kekayaan seseorang. Makin banyak babinya, maka makin kaya seseorang. Jika kebetulan Anda sedang berkunjung ke Papua, jangan coba untuk menggangu hewan ini. Menabrak babi sampai mati di sana, Anda akan dikenai denda sampai puluhan juta).

Ayam Cemani


Ayam hitam satu ini mungkin sudah tidak asing lagi di masyarakat. Ayam langka asal Jawa Tengah ini namanya sudah mendunia. Tidak hanya karena harganya tapi juga gara-gara fisiknya yang sangat unik dan tidak ditemukan di jenis ayam yang lainnya.


Tubuh Ayam Cemani berwarna serba hitam. Tak hanya bulunya, bahkan daging serta organ tubuhnya pun berwarna pekat. Hal ini pula yang menyebabkannya jadi dikait-kaitkan dengan hal-hal yang berbau magis. Di tempat asalnya, ayam Cemani memang sudah biasa dijadikan sesajen dan sebagainya.

Nah, berapa sih harga ayam unik ini. Di Amerika, Cemani bisa mencapai Rp 28 juta per ekornya, sedangkan di Indonesia jauh lebih mahal lagi. Yup, ayam ini dibanderol sampai Rp 40 Juta! 

Itulah empat hewan ternak asli Indonesia yang harga jualnya selangit. Memiliki bisnis ternak empat hewan di atas sudah pasti akan menjadi ladang rejeki yang menguntungkan ya.

Post a Comment

0 Comments

Close Menu